Produksi Bitcoin Bitfarms Susut di Mei, Efek Halving Mulai Terasa?



Bitcoin miner Bitfarms baru saja melaporkan kinerja operasionalnya untuk bulan Mei 2024. Jumlah Bitcoin (BTC) yang berhasil mereka produksi turun signifikan 42% dari 269 Bitcoin di April menjadi 156 BTC.

Jika dibandingkan secara tahunan, angka penurunannya terlihat lebih dramatis. Pada Mei 2023, produksi Bitcoin Bitfarms masih mencapai 459 Bitcoin, menunjukkan penurunan sebesar 66% pada periode yang sama tahun ini.

Menariknya, penurunan itu terjadi tak lama setelah momen 4 tahunan (Bitcoin halving) terlaksana April lalu. Manajemen perusahaan menyebut, berkurangnya reward dalam aktivitas mining yang terpicu oleh halving menjadi salah satu penyebab landainya produksi BTC perusahaan.

Selain faktor halving Bitcoin, Bitfarms juga terpengaruh oleh pembatasan operasional selama 8 hari di Argentina dan waktu henti produksi, yang pada akhirnya mengurangi total produksi BTC mereka selama satu bulan.

Ke depan, perusahaan berencana untuk terus menambah jumlah armadanya untuk bisa mengakselerasi bisnis dan menavigasi lanskap mining.

Produksi BTC Sepanjang Tahun Ini Sudah Susut

Chief Mining Officer Bitfarms, Ben Gagnon, mengungkapkan bahwa sampai saat ini perusahaan telah menerima 25.600 rig dan berhasil memasang 23.600 miner. Tidak lama lagi, pesanan berikutnya yang sebanyak 16.200 rig juga akan datang melengkapi operasional perusahaan.

“Pada Mei, perusahaan juga berhasil menyelesaikan peningkatan lahan pertanian di Cowasville dan bunker. Selain itu, tiga dari lima bangunan di Paso Pe diisi dengan miner baru. Hal ini akhirnya meningkatkan laju hashrate terpasang menjadi 9,5 EH/s dan mendorong efisiensi energi sebesar 31%,” terang Gagnon.

Jika dilihat lebih jauh, penurunan produksi Bitcoin Bitfarms sebenarnya sudah terjadi sejak awal tahun ini, Pada bulan Januari, BTC yang dihasilkan lewat mining hanya mencapai 357 koin, atau susut 26,54% secara year-on-year (YoY).

Pada bulan Februari, produksi turun menjadi 300 BTC, kemudian menurun lagi menjadi 286 BTC di Maret, dan akhirnya mencapai 156 BTC di Mei lalu. Selama 5 bulan ini, Bitfarms hanya mampu memproduksi Bitcoin sebanyak 1.368 BTC. Perbandingannya dengan periode yang sama tahun lalu yang berhasil menghasilkan 2.135 Bitcoin dari 12 fasilitas mining yang tersebar di 4 negara.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *